Duduk Istirahat Setelah Sujud (sebelum bangkit)

Bismillah, wa sholatu wa salam alaa rasulillah,,

Pembaca yang dirahmati Allah, pada pembahasan kali ini kita akan merinci tentang duduk istirahat yaitu duduk yang dilakukan saat seorang selesai dari sujud kemudian ingin berpindah ke posisi berdiri saat sholat, berikut penjelasan ringkasnya

1. Duduk istirahat adalah duduk sejenak ketika hendak bangkit dari satu rakaat ke rakaat berikutnya, yang tidak dipisahkan dengan tasyahud awal.
2. Duduk istirahat adalah dianjurkan, berdasarkan beberapa riwayat hadis,
Dari Malik bin Huwairits, beliau pernah melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam shalat. Ketika beliau hendak bangkit dari rakaat ganjil ke rakaat genap, beliau tidak langsung bangkit, sampai duduk sempurna. (HR. Bukhari 823)
Dari Malik bin Huwairits, bahwa beliau pernah mencontohkan cara shalat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Setiap kali beliau hendak bangkit ke rakaat berikutnya, beliau duduk sempurna, kemudian baru bangkit dengan bertumpu pada tangan. (HR. As-Syafii dalam kitab Al-Umm, An-Nasai, dan dishahihkan Al-Albani)
3. Tidak ada bacaan apapun ketika duduk istirahat. Hal ini sebagaimana yang ditegaskan Az-Zarkasyi dalam Al-Mantsur fil Qawaid (1/492).
4. Karena duduk istirahat hukumnya sunah, maka tidak harus dilakukan setiap kali shalat. Ibnu Hani’ dalam Masailnya dari Imam Ahmad mengatakan, “Saya melihat Imam Ahmad terkadang langsung bangkit ke rakaat berikutnya dan terkadang duduk istirahat, kemudian baru bangkit ke rakaat berikutnya.” (Al-Masail 1/57, dinukil dari kitab Sifat Shalat).
Demikian penjelasan duduk istirahat,

carasholat[dot]com dengan perubahan

About Fajar Awaludin

Check Also

SUJUD Bagian 4

Bismillah, wa sholatu wa salam alaa rasulillah,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *